Setengah Hektar Lahan Mencukupi Pangan 50 Keluarga

MENJANGAN.ID – Lahan seluas setengah hektar ini menghasilkan buah-buahan, sayur-mayur, dan telur untuk 50 keluarga dengan sangat minim pekerja.

Limestone-Permaculture-Farm-Full-Width-Tall-1580x530-1024x343

Semakin banyak orang yang belajar menanam makanan mereka sendiri, tanpa harus bekerja terlalu keras. Jika kita bisa bekerja sama dengan alam, bukan melawannya, tentu kita bisa bertani dengan mudah.

Metode bekerja sama dengan alam ini disebut ‘permakultur’. Metode ini butuh waktu 1-2 tahun untuk menyiapkan lahan terlebih dahulu, terutama untuk memulihkan lahan yang telah lama diracuni pupuk-pupuk pertanian sintetis. Setelah itu, ketika lahan sudah sehat dan siap, maka si lahan akan bekerja dengan baik tanpa harus dipaksa.

bd89dd_a3bfde69951a4ec2a8e432a94f5f86ff_mv2

Limestone Permaculture Farm di New South Wales, Australia, merupakan contoh nyata bagaimana permakultur bukan hanya metode pertanian termudah untuk menghasilkan bahan makanan, tetapi juga metode yang paling produktif untuk kebutuhan jangka panjang.

Di tempat ini ada lahan seluas setengah hektar yang menghasilkan buah-buahan, sayur-mayur, dan telur untuk 50 keluarga, dengan metode meregenerasi kualitas tanah, bukan menguras nutrisi di dalamnya.

Salah satu prinsip permakultur adalah tidak mengaduk tanah atau mencangkulnya, sebab hal tersebut bisa membunuh mikroorganisme yang justru dibutuhkan oleh tanah.

Limestone-Permaculture-Farm-Australia-889x672

Limestone Permaculture Farm menggunakan kebun dengan model ‘ranjang’ untuk menumbuhkan tanamannya, bukan dengan sengkedan sebagaimana sering kita lihat di sawah-sawah. Sela-sela paritnya pun penuh dengan tanaman-tanaman perennial yang bisa menyerap dan menahan air seperti spons.

Tanaman-tanaman pembungkus yang bisa dimakan juga tumbuh secara mandiri. Satu-satunya pengadukan atau pencangkulan yang dilakukan adalah pengadukan yang dilakukan oleh ayam-ayam peliharaan, yang mana kotoran mereka juga sekaligus menjadi kompos.

bd89dd_35f5e0ef88d74472ac675812f05112ae_mv2_d_4032_3024_s_4_2

Setelah beberapa tahun berjalan, Brett Cooper sebagai pendiri Limestone Permaculture Farm menyatakan bahwa lahan pertanian permakulturnya saat ini sduah bisa ‘beroperasi’ sendiri.

Sumber: returntonow.net

2 Comments

  • Mohon infonya dong min …
    Bagaimana cara pemanfaatan halaman untuk penanaman sayuran/buah-buahan yang efektif sehingga halaman tersebut produktif dan menghasilkan berbagai macam kebutuhan yang diperlukan …
    Mohon ulasannya dong min …
    Makasi sebelumnya salam kenal min …

  • Mohon infonya dong min …
    Bagaimana cara pemanfaatan halaman untuk penanaman sayuran/buah-buahan yang efektif sehingga halaman tersebut produktif dan menghasilkan berbagai macam kebutuhan yang diperlukan …
    Mohon ulasannya dong min …
    Makasi sebelumnya salam kenal min …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *