Sembuh Pasca Operasi Caesar Dengan Cepat

Oleh: Astrid Rani

Hallo Bunda saya mau cerita lagi tentang pengalaman pribadi saya Tentang Penyembuhan Pasca Operasi Caesar. Bunda tau lah… kadang kalo kita hamil seringkali yang terbayang dalam benak kita adalah ketakutan saat melahirkan. Apalagi dalam kasus saya adalah pada saat itu mengandung anak ke tiga, rasanya cukup deg-degan juga.

Kenapa begitu, banyak sudara dan tetangga yang bilang lahiran anak ketiga berbeda  dengan anak ke satu dan kedua. Konon katanya lebih sakit dan lebih beresiko. Tentu saja dalam melahirkan pilihannya ada dua yaitu melahirkan normal ataukah melahirkan dengan cara operasi caesar.

Cerita tentang anak ketiga memang bikin saya nervous, semacam menjadi sesuatu yang membayang-bayangi. Bunda perlu tau anak saya yang pertama dan kedua lahir normal jadi saya punya pengalaman lahiran normal. So… ya agak takut sih tapi bisa diatasi.

Saya mendengan cerita tentang “specialnya” lahiran anak ketiga lebih dari 4 sumber dan itu bukan hanya cerita, tetapi dari orang yang telah mengalaminya… Nah loh… gimana gak bikin tambah khawatir. Mungkin ini awal mula mengapa anak ketiga akhirnya saya pilih melahirkan secara Caesar.

Jadi buat Bunda-bunda yang sedang mengandung anak ketiga menurut saya, ada baiknya jangan terlalu mendengarkan cerita tentang “specialnya” melahirkan anak ketiga. Mengalir saja dan tentu saja berserah diri kepada Tuhan menurut saya jalan terbaik untuk melalui persalinan dengan lancar dan baik.

Memilih Melahirkan Caesar

Dari sedikit cerita saya diatas, faktor kekhawatiran memang sangat berpengaruh besaryang menyebabkan anak ketiga saya lahir caesar. Jadi ketika saat-saat mulai bukaan 3 rasa gelisah saya semakin menjadi. Dan entah mengapa saya menjadi tidak optimis untuk mampu melahirkan secara normal.

Akhirnya karena suami juga tidak mau mengambil resiko berlebihan , melalui pertimbangan dokter langganan juga akhirnya opsi melahirkan Operasi caesar saya jalani. Ini pengalaman pertama saya dan mudah-mudahan yang terakhir. Karena ngurusin 3 anak lucu-lucu yang masih kecil-kecil rempong banget kan Bu :). Sudah 3 anak sudah sangat cukup dan bikin rumah saya yang kecil menjadi rame bin berantakan he..he..he…

Pasca operasi caesar ketika biusnya mulai habis mulai terasa rsa sakit dibekas jaitan menjalar. Rasa pusing dan mual dikepala juga cukup lumayan juga ketika itu. Memang saya agak spesial kata dokter. Rasa nyerinya sulit hilang… meski akhirnya ya hilang juga sih.

Nah ini pokok pengalaman saya terkait pasca operasi caesar, jadi setelah 1 minggu saya menggunakan obat anti keloid yang direkomendasikan oleh dokter.

Namun entah mengapa justru luka operasi caesar tersebut mengeluarkan cairan putih dan kadang-kadang keluar darah juga. kemudian saya berkonsultasi lagi. Menurut dokter tubuh saya kekurangan Albumin, satu jenis protein yang berfungsi meningkatkan pertumbuhan sel-sel yang rusak. Protein albumin ini sangat baik untuk mempercepat penyembuhan pasca operasi caesar.

Dokter menyarankannya untuk makan telor 3 butir sehari untuk meningkatkan kadar albuminnya. menurut dokter yang satu lagi nutrisi juga harus seimbang jadi tidak hnaya albumin yang dinaikan tetapi juga kadar nutrisi lain yang ada dalam berbagai makanan. Saya kemudian baca-baca dapatlah beberapa kesimpulan ini agar luka pasca operasi caesar cepat sembuh. berikut yang saya simpulkan :

  1. Menjaga asupan nutrisi yang seimbang

Pastikan selalu ada makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, protein dan makanan berkalori tinggi dalam menu Bunda.

Jangan percaya mitos jaman dahulu bahwa telur, ayam, seafood membuat luka operasi menjadi gatal dan tidak cepat kering. Menurut dr. Samodra, asam amino dari protein sangat membantu penyembuhan luka pasca operasi caesar.

  1. Jaga luka operasi caesar dalam keadaan kering, bersih dan steril

Saat ini teknik pengobatan pasca operasi caesar sudah lebih canggih. Dulu kita perlu mengganti perban luka sehari dua kali. Tetapi saat ini hal tersebut sudah tidak perlu dilakukan lagi.

Saat pulang dari rumah sakit, luka operasi caesar akan di tutup dengan plester anti air. Bunda bebas beraktivitas seperti biasa sampai dengan 7 hari ke depan untuk melakukan kontrol ke dokter kandungan. Tetapi selama 7 hari tersebut bunda juga harus tetap memastikan bahwa plester tersebut menutup luka operasi dengan sempurna.

Saat plester telah dibuka, jaga kebersihan luka dengan cairan antiseptik atau salep yang di resepkan dokter.

  1. Tetap beraktivitas/olah raga ringan

Luka operasi caesar pada awalnya memang agak sakit. Tetapi berbaring saja di tempat tidur tidak akan membuat luka lebih cepat membaik. Semakin cepat Bunda mengawali beraktivitas kembali, semakin berkurang rasa nyeri yang dirasakan.

Setelah infus dilepas, mulailah belajar duduk, berdiri dan berjalan. Gerakan tubuh akan membuat sirkulasi darah lebih lancar dan mempercepat proses penyembuhan. Bagian di sekitar bekas operasi pun jadi tidak terasa kaku. Olah raga yang bisa di lakukan adalah jalan santai dan senam ringan

  1. Cukup minum air putih

Mitos harus mengurangi minum air setelah caesar adalah tidak benar. Justru Bunda disarankan untuk minum air yang banyak, minimal 8 gelas sehari. Tujuannya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang serta memperlancar produksi ASI.

  1. Gunakan pakaian yang nyaman dan longgar

Selama masa pemulihan setelah menjalani operasi caesar, gunakan pakaian yang nyaman dan longgar. Hal berguna untuk menghindari iritasi karena adanya tekanan maupun gesekan dengan pakaian karena terlalu ketat.

Bunda, Semoga luka operasi caesar bunda cepat kering.

*Sumber: Kompasiana Astrid Rani 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *