Resep Orang Hunza yang Hidup Hingga 150 Tahun dan Bahagia

MENJANGAN.ID ~ Ini bukan berita mitos atau mengada-ada. Memang faktanya ada sekelompok manusia yang hidup lebih lama dari rata-rata manusia modern. Mereka adalah orang-orang Hunza yang hidup di lembah pegunungan Pakistan bagian utara. Apa resepnya?

Perlu kamu tahu bahwa kebanyakan orang-orang Hunza berpendidikan, tingkat literasinya bahkan lebih dari 90%. Mereka bukan suku pedalaman yang buta huruf. Ada empat etnis yang tinggal di satu lembah tersebut, yang terbagi menjadi dua lokasi. Rata-rata usia mereka bisa sampai 120 hingga 150 tahun! Para wanita Hunza bahkan kerap melahirkan di usia 65 tahun.

Orang-orang Hunza bekerja di ladang setiap hari dengan sangat giat. Mereka tidak pernah memakan makanan olahan. Sebab mereka lebih memilih perbanyak makan buah-buahan dan sayuran, menghadapi hidup dengan damai tanpa tekanan, dan berbahagia terhadap hidup yang mereka jalani. Mereka menanam makanan mereka sendiri di lahan yang alami dan bersih, organik.

Dari gaya hidup orang-orang Hunza, bisa kita simpulkan beberapa poin tentang resep hidup panjang umur dengan sehat dan bahagia. Yaitu;

  1. Teruslah Belajar!

Jagalah agar otak senantiasa aktif dengan berpikir dan belajar. Hal ini bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan tentu saja memperkaya wawasan tentang perbaikan kehidupan.

  1. Makanlah Makanan Organik!

Makanan-makanan alamiah adalah asupan terbaik bagi tubuh. Yakni makanan yang segar, tidak terlalu banyak diolah, serta ditumbuhkan secara organik. Apalagi kalau bahan makanan itu ditanam sendiri di lahan yang sehat dan bersih.

  1. Jagalah Kerukunan!
Wazir Murad, left, Karimabad, Hunza

Menjaga kerukunan menjadi syarat yang sangat penting demi kehidupan yang damai. Baik rukun dengan pasangan, keluarga, teman, tetangga, dan warga masyarakat lainnya. Hubungan sosial yang sehat memberikan dampak kejiwaan yang sehat pula, belum lagi dampak positif lainnya yang berkaitan dengan budaya, keamanan, serta kebutuhan ekonomi. Jikapun terjadi konflik, tetap ada jalan keluarnya sesegera mungkin.

  1. Hindari Stres!

Tahukah kamu? Stres adalah pembunuh senyap paling ampuh. Stres bisa melemahkan daya hidup seseorang, bahkan mengarahkannya untuk melakukan hal-hal yang bisa merusak tubuh dan akal. Ketika muncul tanda-tanda stres, sebaiknya lakukan penenangan diri. Entah itu meditasi, ibadah, atau menikmati pemandangan alam. Bisa juga curhat dengan orang lain yang lebih bijaksana untuk memberikan saran.

  1. Aktiflah!

Jangan sampai libur seharipun dari aktivitas fisik. Minimal jalan kaki. Sebab salah satu masalah kesehatan orang modern adalah kurangnya aktivitas fisik, terlalu banyak duduk dan berdiri dalam waktu yang lama. Kalaupun tidak bisa setiap hari, rutinkan bergerak dengan gerakan-gerakan olah raga seminggu tiga sampai empat kali agar peredaran darah lancar dan otot-otot tubuh terfungsikan dengan baik.

Itulah lima poin resep yang diajarkan oleh masyarakat Hunza di Pakistan untuk umat manusia, yang terkenal sebagai komunitas manusia dengan masa hidup terlama. Sepertinya memang harus kita tiru ya!

Sumber: diterjemahkan oleh Menjangan dari Real Positive Experience

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *