LERAK: Deterjen Alami Ramah Lingkungan

MENJANGAN.ID ~ Buah lerak (soap nut) adalah sabun alami, mengandung saponin yang menghasilkan busa dan berfungsi sebagai zat pencuci, deterjen alami ramah lingkungan.

Lerak yang baru dipanen warnanya coklat muda bening. Struktur buahnya empuk dan mudah dikupas dengan jari. Bisa diunakan ini untuk mencuci pakaian dan piring. Untuk mencuci pakaian, kulit buah lerak disayat-sayat, lalu masukkan ke dalam kantong dan langsung dimasukkan ke mesin cuci.

Lerak kering semakin bertambah tua warnanya. Struktur buahnya keras, jadi sebelumnya dipakai direndam air terlebih dahulu semalaman. Keuntungannya 1 kg lerak kering isinya lebih banyak dibandingkan lerak baru dipanen. Cairan lerak kering bisa digunakan untuk mengepel dan pestisida nabati.

PRAKTIS. Ambil 5 buah lerak coklat muda, potong kecil-kecil masukkan wadah lalu tambahkan air. Busanya melimpah. Bisa untuk menyikat sepatu, lantai kamar mandi, teras, mengepel, mencuci baju, piring, dll.

EKONOMIS. Harga buah lerak Rp 40.000/kg. Buah lerak yang multiguna bisa menghemat pengeluaran bulanan anda. Lerak sebagai pengganti cairan pencuci piring, deterjen pencuci baju, cairan pengepel, cairan pembersih lantai kamar mandi, dll.

RAMAH LINGKUNGAN. Busa lerak alami dan ramah lingkungan. Dengan membeli lerak serta tidak lagi membeli cairan pembersih kemasan plastik atau botol artinya anda tidak lagi menyumbang sampah plastik untuk bumi ini.

*Sumber artikel dan gambar: akun facebook Britania Sari (juga menerima pesanan lerak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *