Insomnia? Ini Cara Mudah Agar Bisa Segera Tidur dalam Satu Menit

MENJANGAN.ID – Banyak orang mengeluhkan susah tidur, efek dari berbagai faktor kehidupan modern. Kemudian banyak pula cara yang ditempuh orang-orang agar bisa segera terlelap, mulai dari membaca buku, menonton video, hingga menenggak obat tidur. Cara terakhir itu sebaiknya jangan dibiasakan.

Insomnia bisa disebabkan oleh penyakit, juga bisa akibat faktor psikologis. Na, faktor psikologis inilah yang sering dialami oleh orang-orang modern saat ini. Padahal kita butuh setidaknya 6-8 jam sehari untuk mengistirahatkan tubuh. Sebab kekurangan porsi tidur bisa mengakibatkan banyak gangguan kesehatan lainnya. Kurang tidur akan mengurangi kualitas kerja kita, sekaligus juga menabung resiko penyakit di kemudian hari, sepeti serangan jantung, struk, dan diabetes.

Untuk melawan insomnia ini, ada satu cara sederhana dan tidak butuh waktu lama agar kamu bisa segera mengantuk. Tidak butuh uang banyak, tidak perlu waktu lama, tidak harus ruang yang luas, tidak pakai obat atau teknik yang susah. Cukup dengan pernapasan, ya, pernapasan! Metode ini dikembangkan oleh Dr. Andrew Weil dari Philadephia (AS) dan dinamai ‘Teknik 478’ yang diklaim bisa membuatmu mengantuk dan tidur hanya dalam waktu 60 detik.

Dr. Andrew Weil yang mengembangkan teknik 478 | Foto: Sandy Huffaker – Corbis

Tujuan dari teknik ini adalah untuk menenangkan degup jantung, sehingga membuat otot-otot tubuh lebih rileks, dan tentu saja menenangkan pikiran yang biasanya diriuhkan oleh berbagai macam lintasan benak. Sebab, faktor psikologis paling berpengaruh yang menyebabkan insomnia adalah kebanyakan pikiran.

Teknik ini sangat mudah dipraktekkan. Sambil membaca artikel ini, kamu juga bisa langsung mempraktekkannya.

  1. Posisikan tubuh serileks mungkin.

Posisi tubuh yang rileks harus diperhatikan jika ingin langkah ini efektif. Bisa dengan berbaring atau telentang, selonjor, atau bersandar. Kamu tidak bisa mengupayakan ngantuk kalau posisimu kayang ‘kan? Oiya, jangan lupa tempati ruangan yang tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Juga hindarkan layar monitor atau ponsel dari wajahmu, singkirkan gandetmu.

  1. Hembuskan napas sampai habis melalui mulut.

Sebelum memulai tekni 478, keluarkan dahulu semua tampungan napas di dadamu. Keluarkan semua dengan menghembuskannya melalui mulut sampai bersuara ‘wuuush’. Tapi usahakan tetap kering ya, jangan sambil meludah apalagi muncrat-muncrat.

  1. Tarik napas dalam-dalam 4 detik melalui hidung.

Nah, mulai langkah pertama, yaitu menghirup napas dalam-dalam selama 4 detik melalui lubang hidung. Kecuali kalau kamu lagi pilek atau mampet, bisa menggunakan mulut.

  1. Tahan napas di dada selama 7 detik.

Setelah itu tahan napas yang sudah dihirup selama tujuh detik di dada. Sambil menahan, kamu bisa juga memejamkan mata untuk mulai merasakan keheningan.

  1. Hembuskan lagi sampai habis melalui mulut selama 8 detik.

Setelah selesai 7 detik, hembuskan napas selama 8 detik melalui mulut sampai bersuara ‘wuuush’. Ingat, jangan sambil muncrat ya.

  1. Ulangi sampai betul-betul merasa tenang.

Terus ulangi teknik hirup-tahan-hembus 478 tersebut sampai pikiran betul-betul rileks dan mulai mengantuk. Ingat, ketika menghirup napas melalui hidung, lakukan dengan tenang tanpa bersuara. Sedangkan ketika menghembuskannya lewat mulut, sebaiknya berbunyi ‘wuuuush’. Intinya, hembusan napas berlangsung dua kali lipat lebih lama daripada ketika menghirupnya.

Teknik 478 ini tidak hanya berfungsi untuk mengobati insomnia atau susah tidur. Tetapi juga cocok sebagai terapi pernapasan untuk meditasi rutin tiap pagi dan sore. Misalnya setelah bangun tidur di pagi hari saat matahari terbit, atau menjelang petang saat matahari terbenam. Terapi pernapasan sederhana ini jika dirutinkan tiap hari akan sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan paru-paru dan mental.

*Sumber: Situs Resmi Dr. Weil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *