Gerakan Mudah Ini Cara Ampuh Meredakan Vertigo

MENJANGAN.ID – Seorang dokter dari University of Colorado Hospital menjadi sensasi YouTube setelah mengungkapkan cara sederhana untuk meredakan vertigo yang bisa dilakukan di rumah. Vertigo adalah suatu kondisi yang menyebabkan perasaan hilang keseimbangan, sensasi yang dirasakan seakan berputar hebat, atau seakan ruangan dan benda-benda di dalamnya bergerak di sekitanya. Jika Anda mengalami vertigo, Anda akan merasa seolah-olah bergerak padahal Anda sedang berdiri tegak.

Gejala-gejala vertigo hampir tidak terlihat, tingkat vertigo sangat parah bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan hingga menghalangi dari tugas sehari-hari. Tergantung pada penyebabnya, vertigo dapat berlangsung beberapa detik, menit, jam atau hari. Sebab sensasi berputar, vertigo kemudian menyebabkan mual, muntah, pusing, sulit berdiri dan kesulitan berjalan.

Seorang penderita vertigo, Sue Ricker, telah mengidap vertigo selama bertahun-tahun. Ia mengatakan dalam wawancara di stasiun televisi CBS4, “Segalanya terasa berputar! Saya tidak bisa mengemudi. Saya tidak bisa berjalan. Saya harus memegang dinding dan itu sangat, sangat menakutkan!”

Pensiunan guru dari Aurora itu mengalami vertigo pertamanya sejak 10 tahun lalu. “Rasa berputar itu menghilang setelah beberapa hari, tetapi kemudian kumat lagi,” kata Ricker. Barulah empat tahun kemudian sebuah video YouTube mengubah kehidupan Ricker. Yakni video tentang cara mudah meredakan vertigo yang sudah ditonton 2,6 juta kali.

Cara tersebut dipresentasikan oleh Dr. Carol Foster dari Rumah Sakit Universitas Colorado, pada tahun 2012 di akun YouTube-nya. Dengan diperagakan oleh putrinya, Dr. Foster menunjukkan bagaimana cara melakukan terapi vertigo itu;

Dr. Carol Foster
  1. Pertama, tengadahkan kepala Anda melihat langit-langit.
  2. Kedua, letakkan kepala Anda bersujud ke depan seperti akan jungkir balik.
  3. Ketiga, dalam posisi masih sujud, tengoklah ke kiri/kanan menghadap siku.
  4. Keempat, tetap dalam posisi itu sampai rasa pusing mereda.
  5. Kelima, setelah pusing reda, angkat kepala sampai posisi kepala dan pantat lurus.
  6. Keenam, tetap dalam posisi tersebut sampai rasa pusing mereda penuh.
  7. Ketujuh, ketika rasa pusing sudah reda, segera duduk ke posisi awal dengan cepat.

Gerakan yang disebut dengan ‘separo salto’ ini begitu populer dan mendapat sambutan luar biasa. Banyak penderita vertigo yang sembuh dengan cara sederhana ini. Hal ini membuat Dr. Foster yang juga merupakan profesor dan direktur laboratorium di Sekolah Kedokteran Universitas Colorado Kampus Medis Anschutz, sangat digandrungi oleh para pengidap vertigo.

Videonya sudah ditonton lebih dari dua juta kali. “Video saya belum bisa menyaingi kepopuleran video kucing,” canda Dr. Foster dalam sebuah wawancara. Ini dia video tersebut;

“Saya dengar kabar dari orang-orang di Polandia, Arab Saudi, hingga Paris,” katanya, “Sangat memuaskan mendapat tanggapan mereka dan mengetahui bahwa mereka dulu pernah sakit vertigo lama, kemudian bisa sembuh dengan metode sederhana ini.”

Dengan metode sederhana ini, Dr. Foster sembari bercanda bertekad untuk menumpas kepusingan di seluruh dunia. [Menjangan]

*Sumber: situs resmi University of Colorado Anschutz Medical Campus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *