Empat Langkah Menyembuhkan Kecanduan Alkohol

Oleh: Dewi N. Alantari

Mencoba berhenti minum alkohol memang sulit, Apalagi bagi merekan yang sudah kecanduan. Alkohol memang menjadi jalan pintas untuk menenangkan diri dari stres dan sebagian menggunakannya untuk alat sosialisasi.

Namun alkohol memiliki banyak dampak negatif terutama  bagi kesehatan. Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banayak akan menimbulkan penyakit kanker, liver, pennyakit jantung dan masih banyak lagi. Sayangnya tidak semua penikmat alkohol memahami resiko tersebut.

Tidak sedikit orang yang berusaha untuk lepas dari barang haram tersebut, tetapi tidak mudah memang. Di kutip dariCNNIndonesia ini beberapa langkah yang dapat membantu anda untuk berhenti mengkonsumsi alkohol.

  1. Memiliki Alasan yang tepat

Memiliki alasan yang tepat untuk tidak lagi mengulang kesalahan salah cara terbaik untuk berubah. Sama halnya seperti bertekad untuk berhenti minum alkohol. Meskipun di awal akan banyak godaan yang datang, tetapi jika anda sudah memiliki alasan untuk tidak lagi minum semua itu pasti akan berhasil.  Beberapa alasan itu biasanya saat anda sedang mengidap atau mencegah penyakit yang muncul akibat minum alkohol seperti penyakit liver, diabetes, dan penyakit jantung.

Alkohol juga tidak baik untuk kesehatan kulit, karena akan membuat kult menjadi kering, kusam, keriput dan timbul bercak merah di bagian wajah terutama pipi. Selain itu Alkohol berkontribusi menyumbang selulit dan dapat meningkatkan obesitas.

  1. Hindari godaan untuk kembali minum

Godaan untuk minum alkohol kembali pasti akan muncul setiap saat kapanpun dan dimanapun tergantung bagaimana kita menyikapinya. Pada tahap awal sebaiknya anda menolak ajakan teman yang hendak ke bar dan restoran yang menjual alkohol. Lebih baik mulailah melakukan kegiatan positif seperti membaca buku, menonton film dan berolahraga agar terhidar dari godaan minum alkohol.

  1. Mencari teman

Memiliki teman yang punya visi misi untuk tidak mengkonsumsi alkohol juga jawaban dari solusi untuk sembuh. Apabila ada teman yang ingin mengajak minum baiknya di beri pengertian bahwa anda sendang mencoba berubah dan tidak minum alkohol lagi.

  1. Beri penghargaan

Setelah berhasil menghindari untuk tidak minum lagi. Berilah hadiah untuk diri sendiri. Cara ini dalam rangka menghargai usaha diri setelah bersusah payah berubah. Hadiah yang bisa di berikan misalnya melakukan hal-hal yang menyenangkan, berbelanja, makan makanan favorit dan berlibur ke tempat yang di idamkan. [Menjangan]

*Sumber: Kompasiana Dewi N Alantari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *