Cara Sembuhkan Katarak Dengan Tanaman Kitolot

Oleh: Indah Novita Sari

Kitolot adalah tumbuhan liar yang sering hidup di sekitar saluran air/ parit. Tanaman ini berdaun lancip memanjang dengan tepi bergelombang. Daun tanaman ini jika dipatahkan akan mengeluarkan getah yang putih seperti sari buah kelapa.

Kitolot memiliki bunga putih dengan kelopak  empat ataulima buah berbentuk bintang. Pada tanaman ini juga terdapat buah berdiameter sekitar satu sentimeter berbentuk lonjong/ bulat telur, di dalam buah itu terdapat ratusan biji yang sangat halus. Biji di dalam buah kitolot akan berwarna coklat tua jika sudah tua.

Tanaman liar ini ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Getah kitolot memiliki khasiat untuk mempercepat penyembuhan pada penyakit mata, seperti katarak, rabun, plus, minus, dlsb.

Namun pemakaiannya harus secara rutin.  Cara memanfaatkan tanaman kitolot yaitu dengan mengambil getah dari tanaman ini, lalu teteskan pada mata yang sakit/ terkena iritasi.

Pada awalnya anda bisa langsung memetik daun bersama tangkainya/ bunga bersama kelopaknya beberapa buah. Pastikan tanaman bersih dari tanah dan kotoran lainnya. Dicuci dahulu lalu baru dipatahkan. Setelah dipetik akan muncul getah pada ujung tangkai yang anda petik tadi, lalu celupkan getah tersebut pada air 60ml di dalam kelas/ wadah lain. nah air yang mengandung getah ini bisa kita gunakan untuk menetesi mata yang sakit.

Jika sisa air yang sudah tercampur getah masih banyak, anda juga bisa menyimpannya pada wadah yang steril dan tertutup seperti wadah obat tetes mata yang sudah kosong dan digunakan setiap hari.

Awal pemakaian akan terasa sangat pedih namun jangan hawatir karena proses pengobatan sedang bekerja. Beberapa hari akan keluar kotoran dari mata. Namun setelah lama pemakaian akan merasa baikan. Jika ingin lebih jelasnya bagaimana cara membuat obat tetes mata dari kitolot silahkan saksikan video ini. Terima kasih semoga bermanfaat.

*Sumber: Kompasiana Indah Novita Sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *