Cara Mudah Mengobati Gigi Berlubang Dengan Pola Makan dan Pasta Gigi Buatan

MENJANGAN.ID – Enamel gigi serta lapisan yang mendasarinya berupa dentin bisa hancur sebab jenis asam tertentu yang dihasilkan oleh bakteri. Namun, kerusakan gigi dan gigi berlubang dapat diobati secara alami. The British Medical Journal menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa diet pola makan adalah cara alami yang ampuh untuk membalikkan masalah gigi ini.

Rongga mulut responden yang makan dengan makanan standar, penuh dengan oatmeal, ternyata mengandung tingkat asam fitat yang tinggi, dan semakin meningkat pada orang dengan diet normal dilengkapi dengan vitamin D. Namun, rongga mulut responden yang makan dengan diet bebas gandum, perbanyak makanan kaya nutrisi, juga ditambah dengan asupan Vitamin D, ternyata sembuh dari karang dan keropos gigi.

Para peneliti menemukan bahwa tiga faktor utama yang berkontribusi pada kerusakan gigi adalah;

  • Konsumsi berlebihan terhadap gula olahan
  • Makanan tinggi asam fitat
  • Kurangnya mineral dan vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E dan K) dalam diet .

Oleh karena itu, berikut adalah cara terbaik untuk mengobati masalah gigi berupa gigi berlubang, keropos, dan karang gigi dengan cara alami:

  1. Mengkonsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Diet Anda harus kaya sayuran dan makanan tinggi lemak sehat, vitamin yang larut dalam lemak, dan mineral. Tingkatkan asupan biji-bijian, kacang, alpukat, minyak kelapa, dan sayuran hijau daun. Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium, fosfor, dan mineral lain yang dibutuhkan gigi dalam rangka remineralisasi.

Anda bisa mendapatkan vitamin D melalui suplemen. Namun, Anda bisa juga mendapatkan asupan vitamin D melalui pola makan sehat. Salmon, mackerel, tuna, sarden, susu, dan telur juga dapat membantu menambah asupan vitamin D. Jangan lupa, matahari juga merupakan sumber vitamin D yang bagus. Sama seperti tulang, gigi juga bergantung pada mineral seperti kalsium, fosfor, dan magnesium untuk kekuatan.

  1. Hindari Gula Buatan

Gula buatan menjadi makanan bagi bakteri di rongga mulut dan menghambat aliran cairan gigi yang sehat. Tentu akan mengakibatkan keasaman yang menyebabkan dekalsiumisasi dan demineralisasi gigi. Karena itu, pastikan Anda menghindari terlalu banyak konsumsi gula jika ingin memiliki gigi yang bebas lubang.

  1. Pasta Gigi Mineralisasi

Remineralisasi gigi adalah proses alami yang terjadi di dalam tubuh setiap hari ketika ia mengisi ulang enamel gigi, melalui diet pola makan. Namun Anda bisa juga melakukan remineralisasi dengan pasta gigi bebas fluoride buatan sendiri. Anda cukup mencampurkan bahan-bahan berikut dan bisa menggunakannya setiap hari:

  • 1/4 sendok teh soda kue (baking soda)
  • 1/4 sendok teh ekstrak daun mint
  • 1/4 sendok teh klorofil rasa mint
  •  3 sendok makan diatomix (diatomite food grade earth; semacam lempung yang sudah diproses)
  • 1/2 sdt minyak kelapa
  • 1 sendok makan air yang disaring
  1. Berkumur Minyak Kelapa

Ini adalah teknik kuno untuk detoksifikasi rongga mulut dan mengobati berbagai masalah kesehatan, seperti sakit gigi, gingivitis, hingga sakit kepala. Anda cukup berkumur dengan satu sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut kemudian mendiamkannya selama 20 menit, lalu memuntahkannya.

  1. Menghindari Asam Fitat

Asam fitat (alias phytate) sering disebut sebagai ‘anti-nutrisi  sebab menyerap nutrisi dalam sistem pencernaan dan mencegah nutrisi dicerna. Jika nutrisi tidak dicerna, maka tidak bisa masuk ke aliran darah. Jika nutrisi tidak masuk ke aliran darah, maka tidak bisa sampai ke jaringan lain di dalam tubuh, termasuk jaringan sel gigi. Maka hindarilah terlalu banyak mengonsumsi biji-bijian anorganik atau transgenik (makanan yang dihasilkan dengan rekayasa genetik) yang mengandung asam fitat. Sebab bisa menghalangi pencernaan nutrisi, juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lain seperti osteoporosis (kekeroposan tulang), gigi berlubang, dan defisiensi mineral.

Meskipun proses menobati masalah gigi semacam ini tidak cepat dan seketika, Anda tetap akan menyaksikan manfaat kesehatan gigi dan mulut yang luar biasa dan berkelanjutan. Dan tentu saja akan mencegah Anda dari ruang praktek dan bor-bor mengerikan para dokter gigi. Selamat menjaga kesehatan gigi. [Menjangan]

*Sumber: David Wolfe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *