Cara Menyembuhkan Sakit Punggung, Leher, dan Lutut dengan Bola Tenis

MENJANGAN.ID – Sindrom Myofascial adalah suatu kondisi nyeri kronis karena kontraksi berulang pada otot yang menekan titik-titik sensitif. Namun semua itu bisa disembuhkan dengan terapi sederhana menggunakan bola tenis. Bola tenis memiliki elastisitas yang bisa merelaksasi, meregangkan otot, serta menenangkan rasa sakit.

Berikut ini beberapa cara menggunakan bola tenis untuk mengurangi rasa sakit di bagian tubuh yang berbeda-beda:

Leher Tegang

Setelah lama bekerja di kantor, biasanya otot erector dan suboksipital akan terasa kencang. Latihan ini dapat membantu Anda menenangkan leher yang tegang: Berbaringlah di lantai dengan wajah menghadap ke atas, letakkan 2 bola tenis di bawah dasar tengkorak atau pangkal leher. Gerakkan kepala dan biarkan bola menetap di bagian leher belakang. Tetaplah demikian selama satu menit, kemudian ubah arah dengan memutar kepala dari satu sisi ke sisi lain. Lalu pusatkan kepala di satu sisi, mengangguk, dan kemudian ulangi pada sisi yang berlawanan.

Sakit Punggung

Sakit punggung sering disebabkan oleh sepatu yang tidak nyaman, posisi tidur yang buruk, atau cara duduk yang tidak benar. Ini adalah cara menyembuhkan sakit punggung: Letakkan 2 bola tenis di bawah punggung, di antara tulang ekor dan tulang rusuk, ggerakkan panggul di kedua sisi, biarkan bola tenis bergerak di punggung. Lambatkan gerakan di area punggung yang sedang terasa sakit, dan kurangi tekanan di dekat tulang belakang. Tarik nafas dalam-dalam dan ulangi selama 5 menit.

Bahu Kaku

Latihan ini akan meregangkan dan mengendurkan otot-otot manset, meringankan rasa sakit dan kekakuan di bahu, yang merupakan akibat postur tubuh yang buruk atau sebab mengangkat benda berat. Berbaringlah di lantai dengan wajah menghadap ke atas. Taruh dua bola tenis di belakang bahu dan gulung dengan bahu.

Nyeri Pinggang

Jika Anda memakai sepatu yang tidak nyaman, duduk terlalu lama, atau tertekan berlebihan pada pinggul, Anda mungkin akan mengalami nyeri pada otot yang menopang panggul seperti piriformis, gluteus maximus, dan medius. Inilah cara meredakannya: Dalam posisi berbaring, letakkan bola tenis di antara pinggul dan lantai, dan bersandarlah di atasnya. Buat putaran 12 kali dengan lambat, lalu dan ganti sisi.

Dada Sesak

Kegiatan sehari-hari seperti duduk dalam waktu lama, memasak, menggunakan telepon atau komputer, bisa menyebabkan dada terasa sesak atau kencang. Masalah ini harus diatasi karena dapat menjadi parah, menyebabkan kesulitan bernapas dan masalah saraf. Inilah cara mengatasinya:

Berdirilah di depan tembok dan letakkan bola tenis di bawah tulang selangka. Tarik nafas dalam-dalam dan tetap demikian selama satu menit. Selanjutnya, gerakkan sepanjang dada bagian atas, menggeser bola searah klavikula ke atas dan ke bawah, dari satu sisi ke sisi lain. Untuk meningkatkan mobilitas otot, gerakkan lengan dan leher selama satu menit, lalu ubah sisi.

Lutut Keram

Saat berolahraga, kapsul artikular lutut bisa kaku dan keram. Terapi bola tenis dapat mengendurkan otot-otot di antara tempurung lutut, tulang kaki bagian bawah dan paha. Duduklah di kursi, tekuk lutut, dan letakkan bola tenis di belakang lutut. Ulangi 10 kali, lalu diamkan dan rileks selama 10 menit.

Postur Buruk

Postur tubuh yang tidak benar dapat secara signifikan merusak otot-otot tulang belakang dan menyebabkan kesulitan bernapas. Karena itu, dalam posisi berbaring, letakkan dua bola di sisi punggung, dan tangan harus berada di belakang kepala sambil mengangkatnya. Angkat kepala ke arah dada, dan angkat juga pinggul. Tarik nafas dalam-dalam. Gulirkan bola tenis di punggung selama 4 menit.

Tangan Pegal

Waktu menulis yang lama dapat mengencangkan otot-otot fleksor. Regangkan dengan cara meletakkan tangan di atas bola tenis, letakkan tangan yang lain di atasnya untuk menambah tekanan. Gulirkan bola tenis secara horizontal membentang ke segala arah. Tahan selama 3 menit dan ulangi dengan tangan yang lain.

The tennis balls will release the tension in the outer quadriceps muscles or the vastus lateralis. Sit on a chair and put the balls on the outer side of the thigh.

Gently straighten and bend the knee 40 times. The thigh should be moved horizontally, scrolling the ball across the side of your thigh. Then, do the same on the other side.

Kaki Pegal

Karena lama berdiri atau sebab memakai sepatu yang tidak cocok, Anda bisa mengalami sakit di kaki, plantar fasciitis dan nyeri di punggung bagian atas. Trik bola tenis akan membantu Anda meregangkan kaki dan membantu fleksibilitasnya. Tempatkan bola di bawah kaki dan berdiri di atasnya, gulirkan bola ke atas dan ke bawah tumit, dan ulangi setiap satu menit bergantian pada kedua kaki.

Paha Tegang

Bola tenis bisa meredakan ketegangan di otot paha depan luar atau vastus lateralis. Caranya, duduklah di kursi dan letakkan bola di sisi luar paha. Luruskan dan tekuk pelan-pelan lutut sebanyak 40 kali. Gerakkan paha secara horizontal, gulirkan bola ke sisi paha, lakukan hal yang sama di sisi yang lain.

Demikian beberapa cara menggunakan bola tenis untuk mengurangi nyeri, pegal, linu, dan berbagai sakit persendian. Gampang ‘kan? Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya! [Menjangan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *