Ada Makanan Gratis Untuk Fakir Miskin di Kota Surabaya Tiap Hari!

MENJANGAN.ID — Di kota Surabaya, ada program yang diperuntukkan bagi warga kurang mampu, lansia dan warga difabel. Setiap hari mereka mendapatkan jatah makan dengan menu yang sangat layak, menu berbeda setiap harinya lengkap dengan buah-buahan.

Setiap pagi, ada petugas yang keliling naik motor membagikan jatah nasi kepada ketiga kelompok di atas. Makanan yang ada dalam kotak terdiri dari menu 4 sehat 5 sempurna, ditambah buah dan air mineral. Setiap lansia dari keluarga miskin pasti mendapat jatah nasi kotak ini. Satu kali sehari, setiap pagi.

Berdasarkan data Dinsos Surabaya 2016, penerima makanan berjumlah 24.830 orang. Rinciannya 14.109 lansia, 4.509 penyandang cacat, dan 6.213 yatim.

Program yang sudah berlangsung sejak 2016 ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah Kota Surabaya, dinas kesehatan, dan dinas sosial, sebagai pertanggungjawaban pemerintah daerah terhadap fakir miskin dan anak terlantar.

Setiap hari Sabtu dibuka posyandu untuk lansia. Di sana mereka diberi makan, terkadang snack yang sangat pantas. Benerapa bulan sekali mereka diajak rekreasi bersama. Anak balita dari keluarga kurang mampu juga mendapatkan jatah susu, bubur, dan biskuit dari puskesmas.

Beda kampung beda peruntukan program. Misalnya di Asempayung ada program yang khusus untuk manula. Di Semampir ada program khusus untuk yatim piatu. Jadi memang tergantung mayoritas banyak yatim piatu atau manulanya. Di beberapa kampung justru tidak ada sama sekali, karena memang tidak ada yang membutuhkan. Setiap bulan ada SPJ-nya ke pemerintah kota.

Hal ini tentu menuai banyak pujian dari masyarakat kota Surabaya. Kerja pemerintah kota ini merupakan perwujudan UUD Pasal 34 ayat 1 bahwa negara menjamin kehidupan fakir miskin dan orang-orang terlantar.

Mantap ya? Di kotamu bagaimana? Ayo ceritakan di sini!

*Sumber: diolah oleh Menjangan.id dari Grup Surabaya Digital City – SDC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *